Sama Pentingnya, Teliti dalam Memilih Oli Mesin dan Oli Gear untuk Motor

Memiliki sepeda motor tentu menimbulkan tanggung jawab tersendiri, salah satunya adalah merawat mesin. Mengganti minyak pelumas atau oli adalah bagian yang tak terpisahkan dalam perawatan sepeda motor. Membayangkan betapa kerasnya mesin bekerja setiap hari saja harusnya cukup untuk membangkitkan kesadaran para pengguna untuk secara rutin mengganti oli sepeda motor kesayangannya, terlebih mengingat jalanan di kota besar yang sering kali kurang bersahabat,

Jangan lupa, dalam perawatannya masing-masing sepeda motor membutuhkan oli yang sesuai. Contohnya pada sepeda motor matik yang membutuhkan dua jenis oli, yakni oli mesin dan oli gear atau dalam dunia perbengkelan akrab disebut dengan istilah oli gardan.

Beda nama, beda juga fungsinya. Jika oli mesin berperan untuk melumasi komponen berbahan logam yang ada di dalam mesin, maka oli gear akan melumasi komponen yang ada di bagian transmisi motor.

Idealnya, oli mesin dan oli gear harus diganti sesuai dengan anjuran dari pabrikan motor tersebut. Meski demikian, tidak sulit untuk mengetahui kapan saatnya mengganti oli. Oli mesin yang perlu diganti biasanya ditandai dengan turunnya performa mesin motor. Karenanya, selalu pastikan untuk mengganti oli sesuai dengan interval yang sudah ditentukan oleh pabrikan. Jangan tunggu sampai motor bersuara berisik atau kehabisan oli baru kemudian menggantinya.

Lain motor, tentu lain pula cara dan produk perawatannya. Pastikan untuk memilih oli yang terjamin kualitas dan teknologinya serta cocok dengan jenis motor yang digunakan.

Salah satu merek pelumas mesin dan gear yang bisa diandalkan adalah rangkaian AHM Oil. Setiap produknya merupakan hasil riset dan pengembangan laboratorium Honda Jepang yang dirancang untuk melindungi dan menjaga performa mesin agar tetap optimal.

AHM Oil memiliki teknologi Honda Anti-Oxidant yang mampu membuat oli lebih tahan terhadap proses oksidasi dan memperpanjang usia pakainya. Selain itu, kekentalannya pun terjamin stabil dan optimal dalam kondisi panas maupun dingin berkat teknologi Honda Visco Improver. Mesin pun terlindungi dengan baik berkat Honda Cleansing Agent dan Honda SmartFilm yang meminimalisir gesekan antar komponen mesin motor.

Misalnya saja oli mesin AHM Oil SPX-1 yang merupakan oli fully synthetic untuk sepeda motor dengan tipe kopling basah seperti motor bebek dan motor sport. Oli ini diformulasikan khusus untuk menjaga kondisi mesin, terutama saat diperlukan performa yang tinggi. Tingkat ketidakmurniannya yang lebih rendah mampu mengurangi gesekan pada mesin meski dalam tekanan ataupun temperatur tinggi.

Untuk sepeda motor matik, AHM Oil SPX-2 memiliki bahan dasar oli fully synthetic yang dirancang khusus untuk memberikan proteksi lebih dan memenuhi tuntutan performa mesin yang lebih tinggi.

Di sektor oli gear, AHM Oil Transmission Gear Oil mampu melumasi hingga celah tersempit pada gear CVT motor matik. Tingkat gesekannya yang rendah mampu menahan tekanan kerja dan temperatur tinggi. Akibatnya, perpindahan gigi pun terasa lancar serta mampu memperpanjang umur CVT.

Perawatan ekstra pun bisa didapatkan dari pelumas sintetik AHM Oil khusus Transmisi Skutik. Oli khusus transmisi (final gear) ini berbahan dasar sintetik dengan kandungan aditif berteknologi terbaru dari Honda. Pelumas ini memiliki stabilitas oksidasi yang baik, minim penguapan, dan mampu menjaga performa gear tetap maksimal pada suhu dingin ataupun panas.

Apapun sepeda motor Honda yang Anda miliki, pastikan untuk memilih oli mesin dan oli gear yang tepat. Percayakan pula penggantian oli dan perawatan motor Anda di AHASS terdekat. Temukan informasi lebih lanjut tentang AHM Oil di halaman ini.

Related News